Pada post kali ini saya akan menganalisis Objek Pesawat sebelumnya yang hanya sekedar pengenalan namun sekarang akan lebih dalam menganalisisnya dengan cara membandingkan cara pembuatannya apabila menggunakan blender, 3dmax, dan maya.



Ada beberapa aspek yang membedakan dari software 3d animasi tersebut antara lain adalah

1. Biaya 

Bagi kebanyak orang yang baru memulai bisnis 3d animasi ini biaya adalah faktor yang paling utama yang harus di perhitungkan. Banyak yang mengatakan biaya adalah segalanya. nah maka dari itu saya akan mengurutkan berapa banyak sih biaya yang harus di keluarkan untuk membuat sebuah animasi 3 dimensi dengan 3 tool yang akan saya bahas.
  • Blender adalah software pembuat animasi 3 dimensi yang bersifat free opensource yang berarti software yang bebas untuk digunakan oleh siapapun namun bukan gratis karena mengembangkan sebuah software dibutuhkan dana juga untuk memperbarui sistem mereka, maka sering kita dengar bahwa terdapat pilihan donasi untuk mengembangkan blender itu sendiri.
  • 3ds Max sama seperti blender namun 3ds max tidak opensource yang berarti apabila kita ingin menggunakannya kita perlu membeli sebuah lisensinya terlebih dahulu. Namun jangan khawatir bagi anda yang berstatus pelajar dan pengajar, 3ds max menyediakan lisensi gratis selama 3 tahun untuk anda. untuk keterangan lebih lanjutnya silahkan kunjungi websitenya di http://www.autodesk.com/education/free-software/3ds-max
  • Maya terlihat sama seperti 3ds max dalam penggunaannya, dan anda dapat juga memilikinya secara gratis selama 3 tahun. Silahkan di cek melaluli websitenya http://www.autodesk.com/education/free-software/3ds-max
 
2. Fasilitas

Nah sekarang kita kebagian fasilitas yang di sediakan oleh 3 tool yang yang bahas ini, silahkan lihat gambar di bawah ini untuk membandingkannya
Ilustrasi diatas menunjukan bahwa blender mempunyai segalanya dalam bidang 3d animasi.
sementara  3ds max dan maya perlu plugin tambahan untuk menggunakan fitur yang tidak terdapat didalamnya tidak seperti blender namun apabila di bandingkan hasilnya dengan membuat pesawat maka akan lebih detail di 3ds max dan maya daripada menggunakan blender .

3. Penggunaan shortcut untuk efisiensi

Di blender terlalu banyak shorcut yang harus dipelajari daripada 3ds max dan maya yang lebih menggunakan option view dripada shortcut namun dengan banyaknya shortcut diblender maka dapat dipastikan kita akan lebih banyak menghemat manejemen waktu dalam pembuatan suatu objek 3 dimensi. Berikut terdapat video yang membandingkan kecepatan menggunakan shorcut di blender dan tidak menggunakan shortcut di 3ds max


dengan melihat video di atas dapat disimplukan bahwa objek pesawat akan lebih cepat di buat dengan menggunakan blender dripada 3ds max dan maya namun bila ingin lebih detail gunakanlah 3ds max dan maya dripada blender.

Jadi apabila kalian ingin membuat suatu animasi atau objek 3 dimensi silahkan diperhitungkan sesuai kebutuhan masing masing karena di setiap software terdapat kekurangan atau kelebihan dari sofware itu sendiri :D

Referensi : http://www.dodyanimation.com/2014/09/23/3ds-max-vs-blender-versi-dody-animation/



0 komentar:

Posting Komentar