Komputasi Modern sebuah sistem yang menyelesaikan sebuah masalah dengan menggunakan komputer menggunakan algoritma sebagai pemecahan masalah tersebut.

Secara Umum Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern.

Sejarah Komputasi Modern Awal mula dari komputasi adalah adanya perhitungan-perhitungan angka yang dilakukan manusia. Manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad-abad yang lalu. Bangsa romawi pun telah dapat menghitung sistem kalender dan rasi bintang. Seiring dengan perkembangan zaman manusia pun melakukan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks. Otak manusia juga mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa berdigit-digit, kemudian diciptakan alat sempoa untuk menghitung, kemudian dekembangkan menjadi kalkulator, Karena semakin berkembangnya alat dan kebutuhan semakin banyak pula data-data yang ingin dihitung, dan mulailah ide pembuatan untuk membuat komputer sebagai alat hitung dengan konsep komputasi modern. Tidak hanya itu, komputer yang diciptakan hingga sekarang ini bukan menjadi sebuah alat yang digunakan untuk menghitung, tapi juga bisa menyimpan,mengedit dan mengolah kata serta masih banyak lagi kegunaan dan kelebihan yang dimiliki oleh komputer.


Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Didalam Komputasi Modern terdapat berbagai macam Komputasi Modern yaitu : 

1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.


Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

2. Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3. Cloud Computing 
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Contoh Web Komputasi Modern

Saya akan menggunakan website codefights.com untuk menjadikannya sebagai sebuah contoh dalam komputasi modern. Berikut adalah tampilan dari website codefights.com



Pada halaman awal terdapat sebuah menu untuk melakukan sebuah pendaftaran agar bisa memainkan sebuah permainan yang unik yaitu dimana si user harus memecahkan sebuah kasus dan dituntut untuk menyelesaikannya sebelum lawan agar bisa menang.



Pada halaman signup user harus mengisikan email, fullname dan password untuk mulai pendaftaran. Setelah melakukan login anda dapat melakukan berbagai challange melawan orang atau dengan bot dan mendapatkan exp untuk menaikan level.


Berikut adalah tampilan user ketika sedang bermain codefights


Setelah menyelesaikan sebuah masalah yang terdapat pada soal kemudian akan mendapatkan sebuah xp seperti gambar dibawah ini


Nah setelah mendapatkan xp user otomatis akan bertambah apabila telah mencapai batasan tertentu maka level user akan meningkat. Semakin tinggi level maka user akan masuk kedalam leaderboard pada halaman permainan. Pada proses inilah terjadi sebuah komputasi modern.


Kesimpulan :
pada website codefighters.com terjadi proses komputasi modern pada bagian penambahan xp dan ranking player.

Nama : Andri Haryadi Pratama
NPM  : 50412836
Kelas : 4IA04
Pengantar Komputasi Modern#

Sumber : 
https://dwijati.wordpress.com/sejarah-komputasi-modern/
http://belajar-pemrograman2.blogspot.co.id/2013/03/komputasi-modern.html
 

0 komentar:

Posting Komentar