Mengenal HTML

MENGENAL HTML
Selamat malam semua!! Gimana masih pada betah kah berkunjung ke blog pribadi saya ini? Hehe. Pada pertemuan kali ini saya akan membahas apa itu html dan apa sih kegunaan menggunakannya.
HTML adalah singkatan dari kata Hyper Text Markup Language, html ini sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat suatu halaman web yang berisikan baris code yang berformat hyper text  yang dituliskan dengan format ASCII agar dapat menghasilkan wujud yang terintegrasi.
Kegunaan html adalah
  1. Untuk mengintegrasikan gambar dengan tulisan
  2. Membuat form interaktif
  3.  Untuk mengintegrasikan suara dan gambar secara hidup
Contoh dari sebuah html 


Dan hasilnya akan seperti ini
Sejarah HTML

Pada tahun 1980, IBM mempunyai sebuah ide yang bertujuan untuk membuat suatu dokumen yang akan mampu mengenali setiap elemen dari dokumen dangan tanda tertentu. Lalu IBM mengembangkan bahasa untuk merealisasikan dalam pembuatan sistem ini. Bahasa ini diberi nama Markup Language, sebuah bahasa yang mampu menggunakan sebuah tanda tanda dari basisnya. IBM Menamakan sistem ini Generalized Markup Language (GML).

Pada Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa konsep dokumen dari IBM ini sungguh mengesankan dan sangat baik utnuk kedepannya. Maka ISO mengembangkan GML milik IBM menjadi SGML yaitu Standard Generalized Markup Languag. Dalam publikasinya ISO menyatakan bahwa SGML ini akan sangat berguna bagi pemprosesan informasi teks dan perkantoran. Tapi diluar dugaan ISO ternyata bagian dari SGML ini, yaitu HTML berguna untuk menjelajahi internet.
 
Sejauh mana sih perkembangan html sekarang ini??
  • HTML 2.0 (RFC 1866) disetujui sebagai standar 22 September 1995,
  • HTML 3.2 14 Januari 1996,
  • HTML 4.0 18 Desember 1997,
  • HTML 4.01 (minor fixes) 24 Desember 1999,
  • ISO/IEC 15445:2000 ("ISO HTML", berdasar pada HTML 4.01 Strict) 15 Mei 2000.
  • HTML 5 masih dalam draft pengerjaan Januari 2008.
Dan untuk versi sekerang adalah HTML 5.
Hmm mungkin sekian dulu dari saya terimaksih selamat malam semoga ilmu yang saya berikan bermanfaan buat kalian para pembaca, amin :D
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/HTML



0 komentar:

Posting Komentar