Nama anggota kelompok

  • Andri Haryadi Pratama (50412836)
  • Mahesa Kurniawan (54412387)
  • Maulana Iqbal (54412485)
  • Mohammad Fardlan (54412708)
  • Muslih Latukau (55412165)
Kelas : 3IA04

Foto Realisme




Sebuah pemandangan yang  indah terlihat dari suasana yang hadir dari dalam gambar membuat siapa saja yang melihat akan tentram suasana hatinya. Foto besutan Hari Ibeng yang berjudul “mas Weslake” yang berlokasi di Yogyakarta mampu menggambarkan rasa tenang, nyaman dan tentram di suasana daerah tersebut. Dengan adanya pepohonan, warna biru dari langit  dan lampu yang menerangi bangunan membuat gambar tersebut menjadi lebih indah dan realistis. Konsep refleksi yang ditawarkan,  cukup memberi kesan kententraman yang mendalam.


Peralatan dan teknik foto yang digunakan adalah Camera Canon EOS 60D dengan menggunakan lensa Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS. Menggunakan ISO 6400, Diagfragma f/9.), dan Kecepatan 1/1/8.

Animasi


Kali ini kami akan mengulas tentang film yang berjudul Transformers, yang bertemakan tentang perang antar robot alien. Film yang di sutradarai oleh michael bay ini menggunakan beberapa software untuk membuat animasi robotnya. Software yang digunakan antara lain Maya, Zeno, mental ray, RenderMan, Photoshop, Shake, in-house tools. Beberapa software tersebut digunakan untuk membuat animasi robot yang bisa berbicara, bergerak, berkelahi, dan bisa berubah menjadi kendaraan tertentu(keren…). Software-software tadi juga digunakan untuk membuat efek efek gedung runtuh, ledakan ledakan robot, percikan api, percikan listrik dan lain lain. Hanya saja latar tempat pembuatan film tidak dibuat animasi, tetapi menggunakan properti-properti yang disediakan, seperti batu batu bekas runtuhan gedung, pecahan kaca, mobil mobil yang terbalik/terbakar itu menggunakan property. 

Pembuatan film transformers ini dibutuhkan kerja keras dan ketelitian yang matang. Michael bay menggunakan jasa ILM(industries Light And Magic), sebuah perusahaan visual effect yang mengurus efek-efek dari film ini. Untuk membuat robotnya, kali ini tim produksi bekerja sama dengan Hasbro yang merupakan perusahaan mainan yang memproduksi replika transformers. Tidak mudah membuat satu karakter Transformers, Dibutuhkan ribuan keping komponen yang disatukan menjadi sebuah robot raksasa. Dengan menggunakan teknik digital, tim spesial efek menciptakan komponen-komponen itu lalu menempatkan titik-titik pergerakan agar nantinya lebih mudah untuk digerakkan.

Berikut ini beberapa karakter utama yang dibuat menggunakan software diatas:

 






Setelah membuat robot, tantangan berikutnya adalah membuat robotnya bergerak. “Orang berpikir bahwa sebuah robot raksasa pasti akan memiliki pergerakan yang lambat, tetapi Michael Bay justru menginginkan robot itu selincah ninja dan penuh aksi,” kata Jeff White, Digital Production Supervisor ILM. Agar bisa mewujudkan Michael bay, tim menggunakan beberapa stunt untuk membuat gerakan gerakan yang direkam oleh tim produksi, untuk kemudian di aplikasikan ke robot-robot animasi tersebut. Kerumitan juga ditemukan ketika pembuatan animasi robot yang seolah olah berbicara. Misalnya, untuk membuat karakter Optimus Prime satu kali berbicara, harus menggerakkan sekitar 35000 titik. Kemudian menyatukan animasi dengan latar yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, actor dengan animasi dibuat terpisah, Jadi harus disatukan.

Penyatuannya kurang lebih seperti ini

Sebelum di satukan



Setelah dimasukkan


Setelah di satukan dan disempurnakan

 

Perbedaan film ini dengan film animasi yang lain adalah pada film ini menjamin kenyataan dari animasi animasi robotnya. Keajaiban-keajaiban animasi ditampilkan pada film yang disutradarai Michael Bay. Film berdurasi kurang lebih 2 jam ini menampilkan animasi robot raksasa yang sangat menegangkan. Proses renderingnya pun memakan waktu cukup lama. Jadi intinya, ini film keren. Latar tempatnya pun dibuat benar-benar nyata, karena dibuat dengan nyata, latarnya benar benar dibuat berantakan. Yang membuat film ini terlihat realistis adalah adanya efek efek animasi ledakan meskipun tidak semua ledakan dibuat denga animasi(beberapa ledakan diciptakan di latar tempat), pencahayaan animasinya, detail animasinya dan latar tempat yang benar-benar dibuat hancur.
Berikut adalah cuplikan video animasinya. Karena saya tidak menemukan video animasi Transformers 1, saya menggunakan behind the scene dari transformers 3.

Sumber 
http://www.creativebloq.com/making-transformers-3123105
https://www.youtube.com/watch?v=pygKPPYuvXg

Video Game  


Pengembang             : Rockstar North
Penerbit                     : Rockstar Games.
Aplikasi Dasar           : RAGE, dengan Eforia and Bullet Physics
Platform                     : PlayStation 3, PlayStation 4, Xbox 360, Xbox One, Microsoft  Windows, Mac OS.
Genre                         : Action – Petualangan



Proses Pembuatan Game

Pada Game GTA V ini sekitar 1000 orang  lebih ikut ambil bagian dalam pengerjaan game ini, dan menghabiskan biaya sekitar 3 triliun rupiah. Hal tersebut tentunya menjadikan game ini memiliki kualitas grafis yang realistis. Tidak seperti pendahulunya, GTA V memiliki kualitas grafis yang sangat baik, hal ini dibuktikan dengan meningkatkan resolusi grafis dari yang pada seri sebelumnya memiliki resolusi 720p.

Penyempurnaan kondisi alam, dengan dihadirkannya efek-efek kabut dataran tinggi sehingga memberi kesan dingin pada tempat yang ada di game tersebut. Pengaturan lighting yang tepat sehingga menghasilkan efek siang dan malam hari terlihat sangat nyata, serta efek hujan yang dibuat mirip dengan kondisi sebenarnya dengan adanya efek petir. Pantai dibuat dengan tampilan ombaknya yang menggulung serta efek badai yang mungkin bisa terjadi.

Keadaan lingkungan kota juga dibuat realistis, tembok-tembok akan hancur jika terkena roket, lampu penerangan jalan akan jatuh jika tertabrak mobil. Efek karakter pada game ini juga mengalami penyempurnaan lighting dan bayangan yang menjadikan karakter terlihat lebih realistis. Senjata pada game ini juga dibuat dengan sangat detail hingga mirip dengan aslinya, dan efek api pada laras juga ditambahkan jika senjata tersebut dioperasikan.

Referensi :  
http://tekno.kompas.com/read/2013/09/10/1953233/produksi.grand.theft.auto.v.telan.rp.3.triliun 
http://artikel-terupdate.blogspot.com/2013/03/grand-theft-auto-gta-v.html
http://inet.detik.com/read/2014/06/18/080253/2611208/654/gta-v-untuk-pc-dijanjikan-lebih-mantap
http://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Theft_Auto_V
http://www.indogamers.com/read/08/10/2013/8274/ternyata_butuh_1.000_orang_untuk_membuat_gta_v_/








0 komentar:

Posting Komentar