Unity adalah sebuah game engine yang bejenis cross-platform.
Cross-platform berarti bisa gunakan pada komputer, smartphone (android, ios,
window phone dan blackberry), web games, dan console seperti ps3 dan x-box.
dalam perkembangan pengembangan unity dalam versi pra rilis,
unity membuat game yang bernama GooBall yang di desain khusus untuk apple
machintos.
GooBall diluncurkan pada bulan Maret tahun 2005. Setelah itu Unity diluncurkan secara resmi 2 bulan setalah peluncuran game GooBall pada bulan Juni tahun 2005.
Sejak unity secara resmi dirilis sebagai Unity versi 1.0.1, banyak pembaharuan (update), upgrades dan fitur yang telah ditambahkan selama tahun perilisannya tersebut dan Unity terus berkembang secara terus – menerus.
Unity ada atau datang dengan beberapa pilihan perijinan (license), berkisar
dari yang gratis untuk Unity paket utama ( dasar ) untuk Unity pro, untuk
satu license dijual dengan harga $1200. Baik Unity yang versi gratis dan Unity
yang versi pro menawarka banyak fitur yang dapat digunakan, masih untuk yang
versi gratis memperlihatkan sebuah halaman spash pada game yang tetap (regular)
, dan desain untuk game online menggunakan Unity watermark.
Fitur-fitur
- Rendering
Graphics engine yang digunakan adalah Direct3D (Windows, Xbox 360), OpenGL
(Mac, Windows, Linux, PS3), OpenGL ES (Android, iOS), dan proprietary APIs
(Wii). Ada pula kemampuan untuk bump mapping, reflection mapping, parallax
mapping, screen space ambient occlusion (SSAO), dynamic shadows using shadow
maps, render-to-texture and full-screen post-processing effects.
- Scripting
Script game engine dibuat dengan Mono 2.6, sebuah implementasi open-source
dari .NET Framework. Programmer dapat menggunakan UnityScript (bahasa
terkustomisasi yang terinspirasi dari sintax ECMAScript, dalam bentuk
JavaScript), C#, atau Boo (terinspirasi dari sintax bahasa pemrograman phyton).
Dimulai dengan dirilisnya versi 3.0, Unity menyertakan versi MonoDevelop yang
terkustomisasi untuk debug script.
- Asset Tracking
Unity juga menyertakan Server Unity Asset – sebuah solusi terkontrol untuk
defeloper game asset dan script. Server tersebut menggunakan PostgreSQL sebagai
backend, sistem audio dibuat menggunakan FMOD library (dengan kemampuan untuk
memutar Ogg Vorbis compressed audio), video playback menggunakan Theora codec,
engine daratan dan vegetasi (dimana mensuport tree billboarding, Occlusion
Culling dengan Umbra), built-in lightmapping dan global illumination dengan
Beast, multiplayer networking menggunakan RakNet, dan navigasi mesh pencari
jalur built-in.
- Platforms
Unity support pengembangan ke berbagai plaform. Didalam project, developer
memiliki kontrol untuk mengirim keperangkat mobile, web browser, desktop, and
console. Unity juga mengijinkan spesifikasi kompresi textur dan pengaturan
resolusi di setiap platform yang didukung.
Saat ini platform yang didukung adalah BlackBerry 10, Windows 8, Windows
Phone 8, Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Unity Web Player, Adobe Flash,
PlayStation 3, Xbox 360, Wii U and Wii. Meskipun tidak semua terkonfirmasi
secara resmi, Unity juga mendukung PlayStation Vita yang dapat dilihat pada
game Escape Plan dan Oddworld: New ‘n’ Tasty.
0 komentar: